Manfaat vitamin C bagi tubuh

Salam Sehat Pengunjung TipsHealthToday.com | Manfaat vitamin C - Vitamin C dalam istilah kesehatannya disebut L-ascorbate atau ascorbic acid tentunya setiap kita sudah tidak gila lagi , kita mampu menerima vitamin C dari makanan alami menyerupai buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C atau mampu juga mengkonsumsi Vitamin C berupa komplemen yang sudah dikemas berupa tablet maupun minuman yang banyak dijual dipasaran.

Vitamin C memiliki sifat yang mudah larut di dalam air dan jikalau badan sudah cukup menyerap vitamin ini maka vitamin C akan dibuang menjadi air seni dalam waktu 24 jam , karena rasanya yang asam tidak semua orang mampu dengan leluasa mengkonsumsi vitamin C ini dalam dosis yang tinggi , jikalau lambung anda tidak tahan anda dapat mengurangi dosisnya atau mampu mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C.

Manfaat vitamin C bagi tubuh
Vitamin C
Fungsi vitamin C bagi tubuh:
  • Vitamin C tentunya sangat penting bagi kesehatan badan selain itu bermanfaat untuk komponen struktural penting dari pembuluh darah , ligamen , tendon dan tulang serta dibutuhkan juga untuk sintesis kolagen , neurotransmitter dan juga norepinefrin.
  • Juga yang tak kalah penting dari vitamin C ini dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. 
Makanan yang mengandung Vitamin C:
Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya karena badan tidak dapat memproduksi Vitamin C sendiri , karena itu sangat disarankan untuk banyak makan makanan alami menyerupai buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin C , menyerupai nanas , kiwi , jeruk , strawberry , melon , raspberry , tomat , brokoli , paprika dan masih banyak yang lainnya. (Bisa anda lihat pada gambar di bawah artikel)

Kebutuhan Vitamin C per hari:
Setiap orang kebutuhan asupan vitamin C mampu berbeda-beda tergantung dari usia , jenis kelamin , kondisi psikologis maupun banyaknya aktifitas seseorang.
Untuk orang remaja pria membutuhkan vitamin C 90 mg/hari dan wanita 75 mg/hari sedangkan bawah umur usia 14 hingga 18 tahun membutuhkan vitamin C 65 mg/hari ,
Namun jikalau kondisi badan sedang kurang fit dosis vitamin C dapat ditingkatkan yakni dengan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi , namun sebaiknya vitamin C dalam dosis tinggi tidak dikonsumsi untuk waktu lama karena dapat menjadikan terganggunya perembesan vitamin B12 , meningkatnya asam lambung sehingga dapat mengiritasi dinding lambung , memicu terbentuknya watu ginjal.

Akibat dari kurangnya asupan Vitamin C:
Jika badan kekurangan vitamin C maka biasanya akan terjadi gejala-gejala menyerupai sariawan , panas dalam , anemia , radang gusi , mimisan , kulit kering , nyeri sendi serta berkurangnya daya tahan badan terhadap penyakit.

Beberapa manfaat Vitamin C bagi tubuh:
  • Untuk pemulihan dan daya tahan tubuh , Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting karena dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan badan terhadap serangan penyakit serta memulihkan kondisi badan setelah melaksanakan aktifitas atau acara sehari-hari supaya badan kembali fit.
  • Membantu proses pertumbuhan , vitamin C sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan badan serta memperbaiki jaringan di dalam badan , menyerupai membantu penyembuhan luka , memelihara kesehatan gigi dan tulang , selain itu membantu membentuk colagen , protein untuk pembentukan kulit , ligamen , tendon serta pembuluh darah.
  • Memperbaiki mood , dengan rutin mengkonsumsi Vitamin C sebagai antioksidan maka radikal bebas yang terjadi akhir stres dapat ditangkal sehingga dapat memperbaiki mood seseorang.
  • Menurunkan kadar kolesterol , menurut beberapa penelitian menandakan bahwa vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Manfaat vitamin C untuk kecantikan:
  • Sebagai antioksidan , sangat efektif untuk melindungi kulit dari radikal bebas sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih.
  • Perawatan kecantikan , Vitamin C berperan melancarkan peredaran darah sehingga kulit akan terlihat lebih segar , selain itu vitamin C dapat membantu membuat kulit lebih halus , mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban kulit serta menghambat enzim tirosinase yang membantu pembentukan pigmen di kulit.
  • Membantu dalam proses produksi kolagen , serta meningkatkan sintesis kolagen.
  • Mengurangi terjadinya penuaan dini , menyerupai terbentuknya garis halus , kerutan pada kulit , kulit kusam dan tidak segar.
Itulah manfaat vitamin C bagi badan yang sangat penting dikonsumsi setiap hari supaya badan kita tetap sehat dan segar , semoga bermanfaat.
 Manfaat vitamin C foodandarts.blogspot.com

Komentar