Gejala penyakit rematik dan pencegahannya

Salam Sehat Pengunjung TipsHealthToday.com | Penyakit rematik atau istilah kedokterannya yakni Rheumatoid arthritis (RA) yakni merupakan penyakit autoimun sehingga menimbulkan peradangan pada episode sendi dan otot , karenanya persendian tulang akan menjadi sensitif dan nyeri untuk digerakkan menimbulkan si penderita akan kesulitan untuk beraktifitas.

Penyakit rematik seringkali terjadi pada orang yang berusia lanjut namun mampu juga terjadi pada orang yang masih muda karena itu selalu menjaga contoh hidup sehat sedari dini merupakan hal yang sangat penting supaya kita mampu terhindar dari gejala penyakit rematik ini.

Sebenarnya banyak faktor yang mensugesti seseorang terserang penyakit rematik diantaranya duduk perkara metabolisme , cedera sendi , infeksi , faktor keturunan serta masih banyak faktor lainnya yang dapat memicu terjadinya gejala rematik yang ditandai dengan adanya gangguan ibarat pembengkakan , rasa nyeri di episode sendi , kemerahan dan kekakuan , untuk rematik yang parah dapat terjadi gangguan lain ibarat berat tubuh menurun , rasa lelah , demam , pembengkakan kelenjar dan juga terjadi gangguan pada ginjal , paru-paru dan juga jantung.

Gejala penyakit rematik dan pencegahannyaGejala rematik yang perlu kita ketahui ibarat dilansir oleh Healthmeup.com yaitu:
  • Biasanya pada episode sendi akan terasa nyeri berdenyut kadangkala rasa sakit akan datang secara tiba-tiba ketika kita membisu atau beristirahat namun mampu juga timbul pada ketika pagi hari atau setelah anda terlalu lama duduk.
  • Bagian sendi mengalami pembengkakan disebabkan oleh adanya retensi cairan menimbulkan otot menjadi abses serta kulit terasa kencang , keadaan ini merupakan gejala yang biasa terjadi pada orang yang mengalami gejala penyakit rematik.
  • Biasanya sekitar persendian akan terlihat memerah karena adanya peradangan dan pembengkakan serta menjadi sensitif , pada episode persendian tersebut akan terasa nyeri dan hangat ketika disentuh. 
  • Terjadinya kekakuan pada otot di sekitar persendian dan otot menjadi tegang serta terasa nyeri , biasanya karena keadaan ini si penderita akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan tubuh atau bergerak.

Penyakit rematik apakah disebabkan oleh karena sering mandi malam?
Penyakit rematik terjadi karena terganggunya sistem imun dalam tubuh menimbulkan episode persendian dalam tubuh menjadi terganggu dan terjadinya peradangan menimbulkan terjadinya kerusakan pada persendian tubuh , gangguan peradangan sendi ini biasanya akan kambuh kalau udara cuek , oleh karenanya kalau orang yang mengalami peradangan sendi akan menimbulkan rasa nyeri disekitar sendi kalau mandi malam atau ketika udara cuek , karena udara cuek menjadi pemicu kambuhnya rematik dan mampu membuat kondisi menjadi lebih parah kalau diteruskan , tapi kalau tubuh kita sehat atau tidak mempunyai gangguan peradangan sendi maka mandi malam tidak akan besar lengan berkuasa apa-apa.

Beberapa tips untuk mencegah terjadinya gejala rematik yaitu:

  • Rajinlah berolahraga setiap hari supaya tubuh menjadi sehat selain itu cobalah untuk melaksanakan terapi telapak kaki dengan cara berjalan di atas watu tanpa ganjal kaki supaya sirkulasi peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi makanan sehat ibarat buah-buahan dan sayuran ibarat asparagus , apel , alpukat , jus semangka ataupun strawberry.
  • Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.
  • Biasakan untuk selalu menjalankan contoh hidup sehat setiap hari.

Anda mampu mencoba tips pengobatan rematik secara alami yaitu:

  • Cuci bersih sekitar 15 lembar daun sirsak dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 1 gelas kira-kira selama 1 jam , lalu campurkan dengan gula aren atau kalau suka anda mampu mencampurnya dengan madu , saring air rebusan tersebut dan siap diminum , cobalah minum ramuan ini 3 kali sehari hingga keadaan rematik anda sembuh.

Itulah gejala penyakit rematik dan pencegahannya supaya mampu bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami penyakit ini , walaupun penyakit rematik sering terjadi pada orang yang usia lanjut tapi mampu saja terjadi pada orang yang masih muda karena itu penting sekali untuk selalu menjaga contoh hidup sehat setiap hari , banyak mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi dan rutin berolahraga setiap hari supaya kita mampu terhindar dari penyakit rematik.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: 4 Makanan untuk mengatasi anemia

Sumber: merdeka.com/sehat


Komentar