Bakso Berbahaya Untuk Dikonsumsi ? Ini Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Bakso

Bakso Berbahaya Untuk Dikonsumsi ? Ini Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Bakso. Untuk kamu yang saat ini sedang hobi-hobinya mengkonsumsi bakso dan bisa jadi menjadikan bakso sebagai salah satu jenis makanan pokok. Berikut ada beberapa bahaya jika kamu terlalu mengkonsumsi bakso dalam frekuensi terlalu sering. Bakso merupakan jenis makanan yang diolah dengan menggunakan bahan daging sapi dan juga bisa dari daging kambing, beberapa jenis bakso memang dibuat dengan cara manual dan juga ada yang menggunakan mesin penggilingan daging bakso, Bahan campuran dari pembuatan bakso sendiri adalah sagu yang berguna untuk membentuk bakso lebih padat dan kenyal, nah dari bahan-bahan ini apa yang berbahaya dari bakso ? Kan semua bahan ini bukan jenis pengawet ?
 

Ok mari kita bahas bersama-sama. Bakso merupakan jenis makanan yang memang dimakan dengan menggunakan kuah yang dibuat dari campuran rempah-rempah bumbu dapur, kemudian juga ada kandungan minyak pada kuah bakso, biasanya kandungan minyaknya sangatah tinggi. Kandungan lemak pada bakso juga tinggi karena terbuat dari bahan daging.

Berikut ulasan kenapa bakso berbahaya untuk kesehatan kita.


Menyebabkan janin gugur
Bakso juga bisa menyebabkan keguguran loh, karena bisa jadi kalau kita salah memilih tempat yang penjual bakso yang mempunyai kandungan borak dan formalin juga akan berbahaya untuk kesehatan janin. Sehingga kamu mempunyai ibu atau istri yang sedang hamil, perhatikan jenis makanan mereka. Biasanya orang hamil akan makan apa saja sesuai dengan keinginan mereka, lebih baik perhatikan terlebih dahulu makanan tersebut apakah mengandung formalin atau borak. Cara mengetesnya sangatlah mudah, Gunakan kunir untuk mengecek apakah ada kandungan borak atau formalin didalam bakso tersebut, Jika kunir berwarna menjadi merah. Maka bisa dipastikan bakso mengandung formalin yang tinggi.

Gangguan jaringan pada usus
Bakso dibuat dari daging sapi yang mana kita sendiri tidak tahu apakah daging bakso yang digunakan benar-benar masih segar atau sudah lama. Daging sapi yang diolah dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan tingkat kehigenisan daging menjadi menurun dan menyebabkan mikrobia kontaminan dengan mudah masuk ke dalam daging sapi, lebih baik kalau ingin makan bakso lihat warna bakso terlebih dahulu. Jika warnanya terlalu putih, bisa jadi itu hanya campuran sagu dan sedikit daging, jika warnanya merah maka campuran dagingnya banyak.

Iritasi pada rongga mulut
Bakso tidak selamanya lezat untuk kita konsumsi, banyak sekali jenis bakso yang menggunakan MSG atau penyedap rasa dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan irtasi pada bagian rongga mulut. Untuk itu pastikan mengkonsumsi bakso jangan terlalu sering, 1 bulan 2 kali saja sudah sangat cukup untuk mengkonsumsi bakso. Ingat MSG Berbahaya untuk kesehatan kamu.

Alergi Kulit
Yang berikutnya bakso bisa juga mengakibatkan alergi pada kulit yang mengkonsumsinya, kenapa bisa seperti itu ? Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa kita tidak melihat secara langsung proses untuk pembuatan bakso, karena bisa jadi pembuat bakso mencampurkan bahan tambahan seperti udang dan ikan laut yang ternyata ada orang-orang yang tidak tawar makan udang maupun jenis makanan ikan laut. Untuk itu perhatikan terlebih dahulu rasa bakso sebelum langsung memakannya terlalu banyak.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai bakso, bahwa menkonsumsi bakso tidak sepenuhnya sehat. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Komentar