1. Cari Tahu Apa Pemicu Stress Anda
Kepribadian, pengalaman, dan berbagai karakteristik unik diri Anda merupakan berbagai hal yang dapat mempengaruhi bagaimana Anda merespon dan mengatasi stress yang Anda alami. Berbagai keadaan atau kejadian yang membuat rekan kerja Anda mengalami stress mungkin tidak berpengaruh apapun pada diri Anda atau Anda mungkin justru stress terhadap beberapa hal yang tidak membuat orang lain merasa stress.
Langkah pertama untuk membuat diri Anda mampu menghadapi dan mengatasi stress di tempat kerja Anda adalah dengan mengetahui apa penyebab stress yang Anda rasakan.
Selama 1-2 minggu, catatlah berbagai keadaan, kejadian, dan orang yang membuat Anda mengalami respon negatif, baik secar fisik, mental, ataupun emosional. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan jawaban dari beberapa pertanyaan di bawah ini pada setiap situasi yang Anda hadapi. Beberapa pertanyaan tersebut adalah:
- Di mana Anda berada
- Siapa saja yang terlibat
- Apa reaksi atau respon Anda
- Apa yang Anda rasakan atau bagaimana perasaan Anda
2. Hadapi Penyebab Stress Anda
Setelah Anda berhasil menemukan apa penyebab timbulnya stress Anda, maka analisalah setiap peristiwa atau keadaan tersebut dan cari jalan keluarnya.
Seringkali, cara terbaik untuk mengatasi stress adalah dengan menemukan suatu cara untuk mengubah situasi di sekitar Anda yang menyebabkan stress tersebut.
3. Atur Pembagian Waktu Anda Dengan Lebih Baik
Setelah berhasil menemukan penyebab stress dan mengatasinya, seringkali akan sangat membantu bila Anda dapat mengatur pembagian waktu Anda dengan lebih baik, terutama bila Anda seringkali merasa kewalahan dengann pekerjaan Anda.
Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:
- Tetapkan suatu target yang realistis, misalnya tenggat waktu yang lebih realistis untuk menyelesaikan suatu proyek
- Buatlah daftar prioritas. Catatlah berbagai pekerjaan yang harus Anda lakukan dan buatlah urutan prioritasnya.
- Jika Anda sedang melakukan suatu proyek penting atau sulit, maka pastikan waktu kerja Anda benar-benar Anda gunakan untuk menyelesaikan proyek tersebut
Saat pekerjaan Anda membuat Anda sangat stress dan mulai mempengaruhi kehidupan Anda, maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga pikiran Anda tetap jernih seperti:
- Mintalah pendapat orang lain yang Anda percaya mengenai permasalahan yang Anda hadapi di kantor. Mereka mungkin dapat memberi Anda suatu nasehat atau ide baru mengenai bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut. Selain itu, memberitahu orang lain mengenai berbagai hal yang membuat Anda merasa stress juga dapat membantu mengurangi rasa stress yang Anda alami
- Beristirahat sejenak. Pastikan Anda memanfaatkan waktu akhir pecan atau waktu libur Anda semaksimal mungkin. Hal ini dapat membantu menyegarkan diri dan pikiran Anda.
- Untuk mencegah timbulnya stress, maka sisihkanlah sedikit wakut bagi diri Anda untuk melakukan berbagai hal yang Anda sukai seperti membaca atau berpergian atau melakukan berbagai hobi Anda
- Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan cara berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan mengkonsumsi diet sehat dan seimbang
Jika berbagai tips di atas tidak dapat membantu mengurangi rasa stress Anda, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan professional, seperti dokter. Dengan demikian, Anda dapat mempelajari berbagai cara efektif untuk mengatasi stress di tempat kerja.
Kalau saya ketika stress dengan pekerjaan, lebih baik rehat dulu, untuk berlibur dengan keluarga. Terima Kasih.. Almeera Titania
BalasHapus